Properti

8 Desain Ruang Keluarga Menyatu Dengan Ruang Makan Tanpa Sekat

Tangerang, cepatNET.com – Di tengah keterbatasan ruangan, pemilik rumah harus berpikir ekstra keras untuk memaksimalkan penggunaan ruangan yang efisien dan space-saving, maka tak mengherankan jika rumah minimalis saat ini sangat memperhitungkan sekali penggunaan pembatas agar ruangan lebih lapang.

Memiliki hunian yang tidak terlalu luas memang memiliki kendala tersendiri dalam hal penempatan barang-barang furniture atau perabotan rumah tangga agar nantinya tidak terkesan sempit, meski ditempatkan di tengah ruangan yang memiliki keterbatasannya tersebut.

Lalu, bagaimana caranya agar ruang minimalis yang ada di hunian tempat tinggal kita terkesan tidak terlalu sempit? Salah satu triknya adalah dengan membuat desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat.

Ruang Keluarga Dengan Dapur Mini Bar

Ruang-Keluarga-dengan-Dapur-Mini-Bar
Ruang-Keluarga-dengan-Dapur-Mini-Bar

Inspirasi desain rumah tamu dan dapur tanpa sekat yang pertama adalah dengan cara menggabungkan ruang keluarga dengan dapur mini bar, adapun, desain ini sebenarnya lazim pula ditemukan pada rumah-rumah minimalis dengan lahan terbatas, yang walau pada kenyataannya kedua ruangan ini memiliki warna interior yang serupa, kalian bisa menambahkan karpet sebagai pembeda antara ruang tamu dengan dapur.

Desain Monochrome Pada Dapur dan Ruang Tamu

Desain-Monochrome-Pada-Dapur-dan-Ruang-Tamu
Desain-Monochrome-Pada-Dapur-dan-Ruang-Tamu

 

Jika ingin menyatukan ruang tamu dengan dapur tanpa sekat, pastikan kalian menggunakan konsep ruangan yang sama agar tetap senada, seperti pada gambar, dimana, ruang tamu dan dapur menggunakan konsep monochrome yang menggabungkan warna putih dan hitam, mulai dari kitchen set, kursi dan bangku, warna cat dinding ruang tamu, hingga dekorasi lampu, dan jika memungkinkan, tambahkan cermin di dinding untuk memberikan ilusi lapang pada ruangan.

Dapur Bersih dan Ruang Keluarga Dengan Tema Netral

Dapur-Bersih-dan-Ruang-Keluarga-Dengan-Tema-Netral
Dapur-Bersih-dan-Ruang-Keluarga-Dengan-Tema-Netral

Penggunaan warna-warna netral cenderung pastel akan membuat desain ruang tamu dan dapur kalian akan terlihat semakin cantik, adapun, agar ruangan tak terlihat penuh dengan furniture, pilih bangku dan meja berukuran kecil seperti pada gambar, dan untuk memaksimalkan tempat duduk, kalian bisa menggunakan bangku tambahan pada area dapur mengingat area ini juga kerap digunakan untuk tempat mengobrol bersama keluarga.

Dapur dan Ruang Keluarga Elegan Dengan Nuansa Putih dan Abu-abu

Dapur-dan-Ruang-Keluarga-Elegan-Dengan-Nuansa-Putih-dan-Abu-abu
Dapur-dan-Ruang-Keluarga-Elegan-Dengan-Nuansa-Putih-dan-Abu-abu

Inspirasi ruang tamu dan dapur selanjutnya adalah bertema putih dan abu-abu. Meskipun tanpa menggunakan sekat, kalian bisa meletakkan sebuah sofa dengan posisi membelakangi dapur yang sekaligus juga berfungsi untuk memisahkan kedua area tersebut, selain itu, agar ruangan makin cantik, tambahkan dekorasi lampu gantung.

Desain Ruang Keluarga yang Berdekatan Dengan Dapur

Desain-Ruang-Keluarga-yang-Berdekatan-Dengan-Dapur
Desain-Ruang-Keluarga-yang-Berdekatan-Dengan-Dapur

Jika ruangan memiliki ukuran lebih lebar, maka kalian bisa membuat desain ruang tamu yang berhadapan langsung dengan dapur, namun, pastikan jika kalian memilih furniture berukuran minimalis agar ruangan tak begitu penuh dengan perabotan.

Area Dapur di Samping Ruang Keluarga

Area Dapur Didekat Ruang Keluraga
Area Dapur Didekat Ruang Keluraga

Jika sebelumnya desain ruang tamu dan dapur terlalu terlihat atau terbuka, desain satu ini mungkin cocok bagi kalian yang menginginkan dapur agak sediki tertutup sehingga tak terlihat langsung dari depan, adapun, dikondisi semacam ini, kalian bisa menempatkan posisi letak dapur di sudut ruangan atau berada di samping ruang tamu, mengingat, meskipun tak ada sekat, tamu yang datang tak akan bisa melihat langsung posisi dapur dan area ini masih tetap terlihat luas.

Lantai Mezzanine di Atas Dapur

Lantai-Mezzanine-diatas-Dapur
Lantai-Mezzanine-diatas-Dapur

Desain dapur dan ruang keluarga yang tanpa menggunakan sekat dari hunian semacam apartemen tersebut bisa menjadi inspirasi di rumah kalian, namun, jika seandainya rumah yang kalian diami memiliki lahan yang sempit, maka kalian bisa membangun ruangan memanjang dan memasang lantai mezzanine untuk kamar tidur atau area bermain anak, sementara, pada area bawah, kalian bisa menempatkan ruangan dapur, ruang tamu, dan ruang makan dalam satu area tanpa sekat. Pastikan rumah memiliki plafon tinggi agar tak terlihat sumpek.

Desain Dapur dan Ruang Keluarga Serba Putih

Desain Dapur dan Ruang Keluarga yang Serba Putih, Salah Satu Dari 8 Desain Ruang Keluarga dan Dapur Tanpa Sekat
Desain Dapur dan Ruang Keluarga yang Serba Putih, Salah Satu Dari 8 Desain Ruang Keluarga dan Dapur Tanpa Sekat

Konsep ruang terbuka pada area ruang tamu atau ruang keluarga yang menyatu dengan dapur dengan tema serba putih bisa menjadi inspirasi kalian berikutnya, mengingat, cara tersebut bisa memberikan kesan lapang pada area living, dining, dan kitchen, dan untuk membedakan ketiga area tersebut, kalian bisa menempatkan sebuah meja bar yang berfungsi sebagai partisi.

Demikian sedikit penjelasan mengenai inspirasi desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat yang bisa kalian terapkan di hunian minimalis kalian, dan semoga informasi tadi dapat membantu kalian menemukan model yang sesuai untuk hunian kalian. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply