Berita

Harapan Jokowi Usai Status Covid-19 Indonesia Kini Endemi

Bekasi, cepatNET.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan status pandemi COVID-19 di Indonesia kini telah dicabut, yang mengisyaratkan pula bahwa Indonesia kini berada dalam status endemi.

Pengumuman tersebut disampaikan Jokowi dalam pernyataan lewat YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/6) lalu.

“Sejak hari ini, Rabu, 21 Juni 2023, pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi dan kita mulai memasuki masa endemi,” ujarnya.

Jokowi mengatakan jika keputusannya tersebut diambil atas beberapa pertimbangan, dimana, salah satu hal yang menguatkan pernyataan sikapnya tersebut berdasarkan atas semakin menurunnya kasus harian COVID-19 yang dianggapnya semakin mendekati nihil.

 

“Keputusan ini diambil pemerintah dengan mempertimbangkan angka konfirmasi harian kasus COVID-19 yang mendekati nihil, mengingat pula jika hasil sero survei menunjukkan jika 99 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi COVID-19,” ujar Jokowi.

“WHO juga telah mencabut status public health emergency of international concern,” pungkasnya.

Harapan Jokowi

Presiden RI tersebut juga berharap agar semua masyarakat tetap berhati-hati usai dicabutnya status pandemic, adapun, dia sendiri meminta agar seluruh masyarakat tetap menerapkan pola hidup sehat.

“Walaupun demikian, saya meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati,” ujar dia.

“Serta terus menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih,” lanjut Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi juga berharap agar setelah berubahnya status pandemi menjaid endemi, maka perekonomian Indonesia bisa semakin baik, terlebih, dia pun berharap agar kualitas kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat juga semakin terus membaik.

“Tentunya dengan keputusan ini, Pemerintah semakin berharap agar perekonomian nasional akan bergerak semakin baik dan meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat,” ucapnya sebelum mengakhiri pernyataannya yang dilakukan melalui kanal You Tube Sekretariat Kepresidenan tersebut.

 

Leave a Reply