Properti

Desain Ruang Keluarga Menyatu dengan Ruang Makan yang Anti Sumpek

Depok, cepatNET.com Hunian yang mengusung konsep interior terbuka atau open space sangat cocok diterapkan untuk hunian berukuran kecil, mengingat, terdapat  banyak alasan yang beragam yang hendak dicapai, baik dari si pemilik rumah, arsitek, dan desainer interior melalui konsep ruang terbuka yang didalamnya terdapat berbagai fungsi dari ruangan yang menjadi satu.

Terlebih bagi pemilik rumah yang hanya memiliki tempat tinggal yang tidak terlalu besar, mengingat, konsep interior terbuka tersebut sangat memungkinkan sekali bagi si pemilik untuk mengurangi pengeluaran dalam proses pembangunannya nanti, pasalnya, tak harus dipusingkan lagi dengan biaya untuk membangun dinding tambahan, memasang pintu, dan material-material lain, dimana, ruangan yang terbuka sangat memungkinkan sekali masuknya penerangan secara alami yang didapat dari cahaya matahari langsung.

Kesan lapang, terbuka, dan komunikatif dengan anggota keluarga lainnya lebih terasa tanpa adanya penyekat dalam ruangan, pasalnya, rumah berukuran besar pun banyak yang menggunakan konsep tersebut sejalan dengan tren konsep ruang terbuka yang masih bergulir.

Ruang tengah rumah menjadi fokus utama perihal konsep ruang terbuka dalam sebuh hunian, terkait ruang tamu atau ruang keluarga, ruang makan, dan juga dapur tidak terlalu diprioritaskan, mengingat, proses pengerjaannya nanti lebih menitiberatkan pada ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan.

Lantas, bagaimana mengenai tata ruangnya, pengaturan dan letak furnitur, pencahayaan, serta detail-detail dekorasi yang membuatnya menjadi lebih mudah diatur, tidak sumpek, dan menjadi tempat yang nyaman untuk beraktivitas.

Berikut ini ada beberapa contoh konsep ruang terbuka yang nantinya juga bisa kalian terapkan pada saat kalian hendak mengaplikasikan konsep tersebut pada bangunan tempat tinggal kalian nanti.

Menggunakan Meja Makan Kaca Bundar Untuk Efek Lebih Dinamis

Ruang tengah ini bisa dibilang tidak terlalu luas dan tidak terlalu kecil. Cukup lega dengan sofa yang memiliki tiga tempat duduk, atau kursi yang tidak memiliki sandaran, bahkan kulkas dan dispenser juga ditaruh di ruang keluarga karena dapur yang tidak terlalu luas, mengingat, untuk meja makannya sendiri si-pemilik rumah bisa memilih meja bundar dari kaca.

Desain Ruang Keluarga Menyatu dengan Ruang Makan yang Anti Sumpek (5)
Desain Ruang Keluarga Menyatu dengan Ruang Makan yang Anti Sumpek

Sedapatnya jangan telalu besar, namun setidaknya dapat menampung hingga tiga orang, mengingat, meja makan bundar yang tak bersudut menjadikan ruang tengah tidak terasa sumpek, pasalnya, material kaca yang digunakan sebagai meja makan terkesan tidak sumpek dan juga tidak menjadi penghalang yang dapat mengganggu ruang gerak anggota keluarga di ruang tersebut.

Mengakali Ruang Terbatas dengan Meja Makan Mungil Multifungsi

Desain Ruang Keluarga Menyatu dengan Ruang Makan yang Anti Sumpek
Desain Ruang Keluarga Menyatu dengan Ruang Makan yang Anti Sumpek

Untuk rumah tapak yang ukurannya lebih mungil lagi atau biasanya apartemen, ruang keluarga, dapur, dan ruang makan akan ada di satu tempat, dimana, ruang keluarga bisa dibuat bersahaja dengan sofa dua tempat duduk, meja TV minimalis, serta rak ambalan yang diisi bingkai foto dan tanaman hias.

Di sebelah kiri, dapur dan ruang makan bertempat di satu area, maka dari itu, untuk semakin menghemat ruang, meja makan dibuat multifungsi dengan model yang terintegrasi dengan konter dapur yang bisa ditarik ke luar atau dimasukkan lagi bila tidak digunakan, lengkap dengan dua bangku.

Modern dan Mewah Berkat Aksen Marmer dan Plafon Tinggi

Desain Ruang Keluarga Menyatu dengan Ruang Makan yang Anti Sumpek (3)
Desain Ruang Keluarga Menyatu dengan Ruang Makan yang Anti Sumpek

Berukuran relatif luas, area living space ini mendapat banyak keuntungan dari penataan arsitekturnya, dimulai dari pintu dan jendela kaca besar yang menghadap ke halaman belakang, lalu ada void dan plafon yang tinggi di atas ruang keluarga, semakin membuat ruang tengah jadi terasa terang dan lapang.

Meja makan bergaya Scandinavian ditempatkan di depan jendela supaya bisa menikmati santapan lezat sambil memandang keindahan taman, dan di sisi lain, ruang keluarga didesain dengan gaya modern, menggunakan kayu dan aksen marmer untuk menambah karakter menawan dan mewah pada ruang keluarga.

Bangun Suasana Elegan dengan Sistem Pencahayaan

Desain Ruang Keluarga Menyaty dengan Ruang Makan yang Anti Sumpek
Desain Ruang Keluarga Menyaty dengan Ruang Makan yang Anti Sumpek

Jika diperhatikan, tata letak ruang tengah ini cukup padat, akan tetapi, tetap terasa lapang dan rapi, disusul kemudian dengan penataan dapur di sebelah kiri ruangan, sofa di sebelah kanan, kemudian meja makan diletakkan di tengah sebagai pembatas antara “ruang keluarga” dan dapur.

Sementara, dinding bagian tengah ruangan juga dipasangi rak TV dengan panel marmer yang memberikan kesan mewah, serta kabinet serbaguna sebagai ruang penyimpanan, adapun itu, yang juga jadi daya tarik adalah sistem pencahayaan yang terencana dengan baik, mengingat, keberadaan lampu sorot yang menghadap rak TV, strip LED di bagian atasnya, serta lampu gantung di atas meja makan sebagai aksen yang menarik.

Hadirkan Warna-warna Cerah Sebagai Pemanis Ruangan

Desain Ruang Keluarga Menyatu dengan Ruang Makan yang Anti Sumpek (2)
Desain Ruang Keluarga Menyatu dengan Ruang Makan yang Anti Sumpek

Hadirkan nuansa yang lebih trendi, segar, dan muda dengan mengaplikasikan warna-warna cerah pada area ruang keluarga dan ruang makan. Dinding hijau di sebelah kiri, serta aksen pada dinding di depan meja makan memberikan tampilan yang terang dan menarik.

Apalagi dengan cermin bundar yang dipasang, serta lampu gantung di atas meja makan berdesain modern, di tambah, sofa berwarna abu-abu yang ada di ruang keluarga nampak begitu kontras dengan balutan warna hijau tua yang mendominasi ruangan yang dipercantik oleh tampilan lampu gantung unik di area plafon ruang keluarga yang menonjolkan sisi trendinya.

Meskipun tanpa sekat, area living space tetap terasa perbedaan fungsinya, pasalnya, penghuni rumah yang berada di ruang keluarga dan di ruang makan bisa dengan bebas bercengkerama dan berinteraksi tanpa dihalangi oleh sekat atau dinding.

 

Leave a Reply