BeritaOlahraga

Asnawi Mangkualam, dan 3 Peluang untuk Susul Garnacho di Liga Inggris

Depok, cepatNET.com – Asnawi mangkualam menjadi sorotan utama publik pencinta sepakbola tanah air berkat kepiawaiannya menutup pergerakan bintang muda Manchester United (MU) Alejandro Garnacho saat dirinya memperkuat Timnas Indonesia menghadapi Argentina di ajang FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan beberapa waktu lalu.

 

Pasalnya, bintang MU itu acapkali terpelanting usai mendapatkan tekel bersih dari Asnawi yang berulang kali mengejarnya, adapun, usai membuat Garnacho tidak berkutik, nama Asnawi muncul sebagai trending topic pada sejumlah media sosial.

 

Santer pula kabar yang menyatakan jika Asnawi harus bermain di level Eropa, khususnya MU untuk lebih meningkatkan karier sepakbolanya, terlebih setelah mereka menyaksikan bakat Asnawi dalam menghadang setiap pergerakan Garnacho di laga FIFA Matchday lalu.

Asnawi Mangkualam asal Indonesia yg membuat Alejandro Garnacho penyerang MU kewalahan

 

Lantas, syarat apa saja yang sekiranya harus dipersiapkan Asnawi agar bisa mengikuti jejak karier Garnacho di liga Inggris?

Berikut tiga syarat yang harus dipersiapkan Asnawi agar bisa susul Garnacho di liga Inggris

 

  1. Membawa Timnas ke 70 Besar Rank FIFA

 

Mengutip dari laman medium, Rabu, (21/6/2023), Liga Inggris mewajibkan setiap pemain yang berasal dari negara lain harus memiliki ranking FIFA minimal 70 dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

 

Syarat yang satu ini tentu hal yang cukup sulit bagi Asnawi mengingat status Indonesia yang masih bertengger di urutan ke 149 FIFA, adapun, tak menutup kemungkinan bagi dirinya dapat melewatinya jika bisa memperoleh status homegrown.

 

Homegrown adalah pemain yang telah membina tim Inggris atau Wales selama minimal tiga tahun sebelum berusia 21 tahun. Hanya saja, hal itu mustahil didapat Asnawi lantaran usianya yang sudah menginjak 23 tahun.

 

  1. Pindah ke Liga Eropa

 

Menurut laporan latitudelaw, pemain dari negara dengan peringkat diluar 70 FIFA dan tidak punya status homegrown bisa bermain di Premier League jika mengumpulkan 15 poin dari poin-poin yang ditentukan FA.

 

Poin-poin tersebut bisa didapatkan melalui level liga yang diikuti seperti Liga Champions, Copa, Libertadores, dan lain-lain, adapun, poin juga bisa bertambah berdasarkan peringkat klub yang diperkuat serta caps bersama timnas.

 

Seandainya Asnawi hengkang ke kompetisi top Eropa harus bertahan selama tiga musim beruntun, pasalnya, ia juga harus bergabung dengan klub papan atas dan rutin bermain sepanjang musim.

 

  1. Meningkatkan Kemampuan Fisik

 

Kemampuan fisik yang proporsional tentu sangat dibutuhkan dalam sepak bola, karena akan menunjang penampilan menjadi lebih baiklagi  dalam setiap pertandingan, oleh sebab itu, kondisi semacam itu harus dipersiapkan oleh bek Jeonnam Dragons tersebut apabila ingin berkarier di Liga Inggris.

 

Beberapa hal yang perlu Asnawi siapkan yakni kecepatan dan kelincahan, dimana, ketangkasan fisik juga menjadi prioritas banyak klub liga Inggris didalam setiap prosesi seleksi para pemain barunya nanti.

 

 

 

Leave a Reply