Travelling

Tas Ransel Travelling, Apa Fungsi Serta Kelebihannya?

Jakarta, cepatNET.com – Tas Ransel atau yang dalam bahasa kerennya sering disebut juga Backpack adalah salah satu jenis tas yang acapkali digunakan saat hendak melakukan sebuah perjalanan, baik itu untuk jangka waktu 1 hari atau lebih dari 3 hari, adapun, untuk kapasitasnya sendiri bisa disesuaikan dengan seberapa banyak perlengkapan penunjang lain yang akan menemani selama masa perjalanan kalian tersebut.

Tas ransel memiliki bentuk yang beragam yang jika dilihat dari segi kebutuhan bisa disesuaikan, mengingat, jenis tas ini sangat mudah dibawa dengan tangan ataupun digendong di Pundak, beda halnya dengan koper yang secara bobot lebih berat dari tas ransel, akan tetapi, apakah kalian sudah benar-benar mengetahui apa yang dimaksud dengan tas ransel?

Agar, jangan sampai nantinya kalian pergi berlibur dengan menggunakan tas yang salah, yang pada akhirnya malah hanya menjadi penghambat rencana perjalanan kalian nanti, maka dari itu, tak ada salahnya jika kalian juga mempelajari karakteristik tas ransel seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Apa Itu Tas Ransel?

Tas Ransel atau Backpack mengandung pengertian sebagai tas yang memiliki tali atau strap yang dapat mengikat sehingga nantinya bisa digunakan saat kalian menggendong tas tersebut dibelakang tubuh kalian, adapun, keberadaan tali atau strap yang terpasang di tas ransel kalian tersebut berguna untuk memikul atau menggendong tas tersebut.

Strap atau talinya juga tidak hanya satu melainkan dua sehingga pas dengan pundak, adapun, di kalangan masyarakat kita sendiri, kata tas ransel selalu dikaitkan dengan yang namanya petualangan, perjalanan sederhana, liburan, serta kebebasan.

Tak salah jika mereka beranggapan seperti itu, mengingat, tas ransel memiliki kapasitas memuat barang yang banyak, terlebih, juga terdiri atas berbagai kompartemen, adapun, penggunaannya yang bisa dibawa di belakang punggung sangat memudahkan pergerakan si pengguna tas tersebut, pasalnya, saat ingin berpindah, si pengguna tas tersebut dapat melintasi perjalanan dengan medan apa pun tanpa khawatir dengan jalur yang dilintasinya tersebut.

Apa Saja Fungsi Tas Ransel?

Mengapa harus menggunakan tas ransel? Hampir sebagian orang memilih menggunakan tas ransel karena memiliki fungsi yang beragam dan sangat memudahkan beraktivitas, dan jika kalian masih belum percaya, coba simak sedikit penjelasan mengenai apa saja fungsi dari tas ransel seperti berikut ini.

Mampu-Bergerak-Dengan-Lebih-Leluasa
Mampu-Bergerak-Dengan-Lebih-Leluasa
  1. Sangat Nyaman Digunakan

Jika kalian melakukan perjalanan dengan membawa berbagai macam barang, maka penggunaan tas ransel akan menjadikan perjalanan yang kalian lakukan menjadi sangat nyaman, dimana kalian tidak perlu lagi membawa banyak tas agar semua perlengkapan dapat tertampung, pasalnya, kalian hanya tinggal memasukkan semuanya ke dalam tas ransel sehingga perjalanan menjadi lebih menyenangkan karena tak harus direpotkan lagi dengan banyaknya tas lain yang juga kalian bawa.

  1. Pundak Tidak Sakit Meski Membawa Tas untuk Waktu yang Lama

Tali atau strap yang dilengkapi dalam tas ransel umumnya terbuat dari bahan yang nyaman digunakan, mengingat, keberadaan dua strap juga membuat beban yang perlu ditanggung pundak tersebar merata, sehingga, resiko timbulnya pundak yang pegal sebelah tidak akan pernah terjadi.

  1. Aman

Menggunakan tas ransel dirasa sangat aman dari tindak pencurian, tidak seperti halnya saat kalian membawa koper, pasalnya, ketika kalian akan bepergian menggunakan pesawat atau kendaraan umum lainnya kamu bisa tetap berada di dekat tas untuk memastikan keamanannya.

  1. Menambah Tingkat Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri kamu bisa meningkat saat menggunakan tas ransel dengan desain keren, mengingat, jika kegunaan tas ransel yang kalian gunakan bukan hanya untuk menyimpan barang bawaan saja, tetapi juga melengkapi penampilan kalian ketika bepergian.

Apa Saja Kelebihan dari Tas Ransel

Selain fungsinya, kelebihan dari tas ransel juga tidak kalah menarik, pasalnya, tas ransel yang berkualitas seharusnya dilengkapi dengan berbagai fitur terbaik yang mendukung kegunaan sekaligus kenyamanan, maka tak mengherankan mengapa saat ini banyak orang memilih tas ransel meski untuk penggunaan sehari-hari, dan berikut beberapa kelebihannya yang perlu kamu ketahui yang akan dijelaskan secara ringan.

  1. Memudahkan dalam Pergerakan

Menggunakan tas ransel untuk traveling atau hiking memang sangat memudahkan pergerakan si empunya barang, dimana, dalam hal ini kalian tidak perlu bersusah payah lagi mengangkat koper yang besar ketika ingin menggunakan transportasi umum, adapun, kalian hanya perlu menggendongnya di punggung dan pergerakan yang kalian lakukan menjadi semakin mudah.

  1. Waterproof

Tas ransel berkualitas umumnya dibuat menggunakan bahan terbaik yang waterproof alias tahan air, adapun, hal tersebut bukan berarti benar-benar tidak bisa basah, hanya saja ketahanannya terhadap hujan sedang jauh lebih kuat, dimana, tetesan air ringan tidak akan masuk membasahi barang yang kalian bawa.

  1. Tahan Lama

Tas ransel travelling juga lebih tahan lama karena dibuat dengan bahan berkualitas yang sangat kuat, sehingga menjamin ketahanan dan kekuatannya untuk digunakan diberbagai macam aktivitas..

Seperti halnya jika tas ransel yang kalian gunakan terbuat dari bahan Duralite Nylon, maka, bisa dipastikan jika tas ransel yang kalian miliki tersebut bisa dikatakan sebagai barang yang tahan lama, karena sudah terbukti 2x lebih kuat serta 30% lebih ringan.

  1. Jauh Lebih Ringan

Tanpa adanya handle, roda, dan material padat lainnya, penggunaan tas ransel sudah dapat dipastikan jauh lebih ringan, mengingat, fungsinya yang memang ditujukan untuk dibawa di pundak, sangat jelas bahwa pembuatannya menggunakan bahan material yang tidak berat.

  1. Multifungsi

Kapasitasnya yang besar tidak hanya bisa digunakan untuk traveling, dimana, kalian juga bisa menggunakannya untuk berkemah hingga mendaki gunung, pasalnya, berbagai kompartemen yang tersedia juga bisa difungsikan untuk kemudahan mengakses berbagai barang penting.

Mengenal Beberapa Jenis Tas Ransel untuk Travelling

Apa Saja Kekurangan dari Tas Ransel?

Meski banyak kegunaan dan kelebihannya, tas ransel yang kalian gunakan tetap memiliki kekurangan seperti jenis tas lainnya, dalam hal ini kalian perlu mewaspadai beberapa hal seperti dibawah ini ketika menggunakan tas ransel.

  1. Sulit untuk Mengemas dan Membongkar Barang

Bukaan tas ransel yang berada di bagian atas kerap kali membuat pengemasan dan pembongkaran menjadi lebih sulit dari biasanya, terlebih, mengakses barang yang ada di paling bawah juga sangat sulit, adapun, kalian harus mengeluarkan semua barang di atasnya terlebih dahulu baru bisa mengakses yang ada di bagian bawah.

  1. Dapat Menyebabkan Cedera Jika terlalu Berat

Membawa tas backpack di pundak memang jauh lebih mudah saat bepergian menggunakan transportasi umum, namun, beban yang terlalu berat bisa membuat pundak, punggung, dan pinggang menjadi sakit atau cedera, maka dari itulah kalian harus menyesuaikan barang bawaan dengan kemampuan tubuh.

Backpacker Adalah: Konsep, dan Tips Melakukan Sebuah Perjalanan

Berbagai Tips Memilih Tas Backpack Terbaik

Berbagai fungsi dan kelebihan yang sudah dijelaskan di atas hanya bisa didapatkan ketika kalian memilih tas ransel travelling dengan kualitas terbaik. Lantas, bagaimana cara memilihnya?

  1. Pilih yang Nyaman

Tali atau strap yang menyelubungi tas ransel harus pula dilengkapi dengan busa untuk membuat pundak lebih nyaman meski membawa tas dalam jangka waktu yang lama dan beban yang lumayan berat pastinya, maka dari itu, ada baiknya apabila tas ransel yang kalian beli memiliki fitur airbender, sehingga mampu memberi kenyamanan saat kalian gunakan selama masa perjalanan.

  1. Periksa Bahan Material yang Digunakan

Belilah tas ransel yang menggunakan bahan material lebih kuat serta tidak mudah robek, seperti halnya produk yang menggunakan bahan utama Duralite Nylon dan Poly-Elable, pasalnya, penggunaan kedua bahan tersebut sudah terbukti 2x lebih kuat namun tidak berat, bahkan 30% lebih ringan dari tas biasanya.

  1. Sesuaikan dengan Aktivitas yang Dilakukan

Sesuaikan pembelian tas ransel dengan aktivitas yang kalian lakukan, pasalnya, apabila kalian memiliki hobi mendaki maka tas ransel dengan ukuran kecil tidak akan mampu untuk menampung perlengkapan pribadi yang dibutuhkan, adapun jika sebaliknya kalian ingin melakukan perjalanan yang hanya membutuhkan waktu 1 hari, maka penggunaan tas untuk mendaki yang besar akan menghambat perjalanan, untuk itu kalian harus mempertimbangkan segi kebutuhan saat itu.

  1. Sesuaikan Ukuran yang Tepat

Jangan lupa memilih ukuran yang tepat sesuai dengan tubuh kalian, yang artinya, jangan membeli tas yang ukurannya terlalu besar sampai-sampai kalian sendiri tidak kuat untuk mengangkatnya.

Jika kamu memiliki ukuran tubuh yang mungil maka penggunaan tas ransel yang memiliki kapasitas 19 liter setidaknya sudah sangat sesuai untuk kalian gunakan, meski tidak terlalu besar tetapi mampu memuat berbagai barang bawaan.

Nah itu dia seputar informasi mengenai tas ransel, dan benar adanya dengan apa yang dikatakan orang-orang bahwa tas ransel adalah teman dalam perjalanan, dimana fitur dan juga desainnya memang ditujukan untuk travelling, sehingga perjalanan kalian semua akan semakin nyaman dan menyenangkan. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply