Kuliner

Makanan Khas Malang, yang Gurih, Pedas, Manis dan Menyegarkan

Jakarta, cepatNET.com“Malang” tak bisa lepas dari beberapa macam jajanan khasnya, mulai dari Bakso Malang yang banyak digandrungi atau Cwie Mie yang dari namanya saja dijamin sudah menggugah selera makan siapa saja, lalu, yang mana yang menjadi favorit untuk kalian santap saat ada kesempatan berkunjung ke Malang? Toh kalian tak perlu khawatir, kedua jenis makanan khas Malang tersebut tadi sudah bisa kalian temui kok dimanapun kalian berada.

Kota Malang sendiri memiliki beberapa makanan khas daerah yang tidak kalah enaknya dari salah satu makanan yang sudah disebutkan di atas, dan bagi kalian yang penasaran terhadap makanan khas Malang lainnya, berikut ini adalah daftar beberapa makanan yang juga menjadi makanan khas kota tersebut.

Makanan Khas Malang yang Ikonik

Selain terkenal sebagai kota penghasil buah apel yang juga banyak digandrungi, Malang juga memiliki beberapa kuliner khas mereka, seperti apa saja kira-kira makanan khas Malang tersebut? Cek daftarnya di bawah ini.

  1. Makanan khas Malang: Cwie Mie
Images-Cwie-Mie
Images-Cwie-Mie

Makanan satu ini sebenarnya merupakan makanan khas Malang yang memiliki ciri khas Tionghoa di dalamnya, tak salah memang jika sebagian dari kalian yang lebih mengenal cwie mie sebagai pangsit mi gara-gara namanya merepresentasikan isian dalam semangkuk hidangannya.

Dalam penyajianya, cwie mie ini biasanya berisi mi yang disajikan bersama pangsit, daging ayam cincang, daun bawang, dan kuah bening yang sangat segar, adapun, kalian bisa menikmati makanan yang satu ini dengan nikmat saat masih panas, sedangkan untuk kalian yang suka pedas, kalian bisa menambahkan sambal sesuka selera kalian.

  1. Bakso Malang

Nah, pasti banyak dari kalian yang sudah sangat familiar dengan jenis makanan satu ini, bukan? Makanan ini sendiri dapat kalian temukan di mana-mana, termasuk di luar kota Malang itu sendiri, dan yang pastinya, jika kalian berkunjung ke Malang, jangan lupa makan bakso Malang yang dibuat langsung di kota aslinya ini ya!

Images-Bakso-Malang
Images-Bakso-Malang

Makanan yang satu ini tentunya berisi bakso, pangsit kering, pangsit basah, tahu putih, mi kuning, mi putih, bawang goreng, daun bawang, terlebih lagi, makanan ini diolah dengan menggunakan bumbu rahasia yang membuatnya semakin enak dan bikin ketagihan.

  1. Makanan khas Malang: Orem-Orem

Adapun, selain dikenal sebagai kota penghasil apel Malang, kota ini juga terkenal sebagai kota penghasil tempe, adapun, jika kalian berkunjung ke sini, jangan lupa juga untuk mencicipi Orem-orem yang berbahan dasar tempe goreng.

Images-Orem-orem
Images-Orem-orem

Dalam seporsi orem-orem terdiri atas tempe goreng yang diiris tipis, lalu diberi kuah, adapun, untuk kuahnya sendiri menggunakan santan yang teksturnya agak mirip kuah sayur lodeh, yang membuat beda hanya terletak pada kuahnya saja, dimana, kuah orem-orem memiliki cita rasa yang lebih pedas, dan jika kalian penyuka olahan tempe, tak ada salahnya bagi kalian untuk mencoba jenis sajian yang satu ini.

  1. Sate Gebug
Images-Sate-Gebug
Images-Sate-Gebug

Hampir sama dengan tampilan berbagai jenis sate yang ada di Indonesia, yang membedakannya hanya terletak pada proses pembuatan sate ini saja, dimana, daging maupun lemaknya digebug-gebug dulu sampai lunak (alasan inilah yang mungkin menjadikan sate tersebut dinamakan sate gebug), baru setelah itu dilumuri oleh bumbu kecap manis encer.

Bahan utama sate gebug itu sendiri berupa daging sapi has bagian dalam, tak berbeda dengan sate-sate lainnya,sate gebuk juga dibakar di atas arang yang menyala.

Makanan Khas Malang yang Melegenda

Selain makanan-makanan yang ikonik di atas, di Malang juga ada makanan-makanan khas yang sudah melegenda, pastinya wajib kalian cicipi kalau sedang mengunjungi kota asal makanan ini.

Pos Ketan Legenda

Kamu yang menyukai kuliner ketan, wajib mencoba makanan satu ini, mengingat, Pos Ketan Legenda sudah ada sejak 1967, karena itu makanan yang satu ini masuk ke daftar makanan legendaris khas Malang.

Images-Pos-Ketan-Legenda
Images-Pos-Ketan-Legenda

Menu utama yang disajikan terdiri atas ketan dengan berbagai macam topping yang bisa kalian pilih sendiri sesuai dengan keinginan, adapun, lokasinya sendiri bertempat di alun-alun Kota Wisata Batu, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama menjelang malam hari.

Makanan khas Malang: Tahu Lontong “Lonceng”

Images-Tahu-Lontong-Khas-Malang
Images-Tahu-Lontong-Khas-Malang

Tempat makan yang menyajikan salah satu kuliner khas Malang ini sudah buka sejak tahun 1935, pasalnya, Tahu lontong “lonceng” ini akan memanjakan kamu dengan kecambah, mentimun, dan bumbu kacang yang khas yang tidak didapati dari jenis makanan lain.

Kalian cukup menyeberang dari Klenteng Eng Ang Kiong yang lokasinya dekat dengan rumah kematian Panca Budi di kawasan Pasar Besar, oleh sebab itu, tak ada salahnya jika sempatkan untuk singgah di tempat makan yang satu ini jika suatu saat nanti kalian berkunjung ke Malang.

Kuliner Malang yang Paling Diburu Foodlovers

Rawon Brintik

Malang juga punya rawon yang enak dan legendaris, tepatnya di rumah makan Rawon Bintik, adapun, daging sapi empuk di dalam sajian rawon bintik, dengan kuah hitam yang kental dan kaya rempah sangat nikmat jika disantap saat masih panas.

Images-Rawon-Brintik
Images-Rawon-Brintik

Rawon legendaris yang satu ini wajib masuk ke daftar wisata kuliner kamu di Malang, terutama di musim hujan atau saat udara sedang dingin-dinginnya, terlebih ditambah tempe goreng, kerupuk udang, dan nasi, makin enak dan semakin menggugah selera pastinya.

Makanan khas Malang: Es Tawon Kidul Dalem

Agak lucu juga sih kedengarannya, adapun, diberi nama seperti itu karena katanya, nih, dulu minuman ini dijajakan di bawah pohon asam yang diatas dahan pohon tersebut ada sarang tawonnya, oleh sebab itulah hingga sekarang dikenal dengan nama ‘es tawon’.

Images-Es-Tawon-Kidul-Dalem
Images-Es-Tawon-Kidul-Dalem

Minuman pelepas dahaga yang satu ini sudah ada sejak 1955, dan banyak peminatnya, mengingat, segelas Es Tawon Kidul Dalem ini terdiri atas cincau, cendol, tapai, kacang hijau, mutiara, blewah, dan sirup merah, yang pastinya akan segera menghapus dahaga siapa saja yang meminumnya.

5 Rekomendasi Kuliner Malam Malang

Kota Malang nggak hanya memiliki bakso Malang sebagai makanan khas, pasalnya, terdapat begitu banyak makanan-makanan khas lain yang menjadi ciri khas kota Malang tersebut, dan sudah seharusnya kalian coba dan rasakan sendiri kenikmatannya jika suatu saat nanti kalian hendak mencoba liburan ke Malang.

 

Leave a Reply