Kuliner

Sederet Makanan Tinggi Serat yang Berguna untuk Tubuh

Depok, cepatNET.com – Gandum merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan serat yang mudah dijumpai, adapun, mengonsumsi makanan sehat berguna untuk menjaga agar tubuh tetap bugar, itulah alasan mengapa sangat dianjurkan sekali bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung unsur serat setiap hari, pasalnya, serat yang terkandung didalamnya berperan penting guna melancarkan buang air besar, mencegah penyakit kronis, hingga menurunkan berat badan, adapun, untuk mendapatkan manfaat dari serat, maka asupan serat harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, dimana, kebutuhan serat untuk orang dewasa berdasarkan angka kecukupan gizi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, yaitu sekitar 30-38 gram per hari.

 

Makanan Tinggi Serat yang Mudah Didapat

 

Pada dasarnya, serat yang terkandung pada bahan makanan tersusun atas dua macam jenis serat, yaitu, serat larut dan tak larut, adapun, yang dimaksud dengan serat larut adalah serat yang mudah terurai dalam air dan membentuk gel, yang mana, makanan yang banyak mengandung serat semacam ini banyak dijumpai di buah-buahan, sedangkan, serat tidak larut banyak ditemukan pada makanan seperti sayuran, kentang, dan gandum.

 

Adapun, serat yang terkandung pada jenis bahan makanan bisa kalian temukan di beberapa makanan yang mengandung karbohidrat. Berikut ini adalah beberapa macam jenis bahan makanan yang mengandung karbohidrat yang baik dan bermanfaat untuk Kesehatan.

 

  1. Gandum salah satu makanan tinggi serat yang mudah dijumpai Pixabay

 

Makanan tinggi serat untuk diet yang pertama yaitu gandum, mengingat, selain kaya akan serat, gandum juga mengandung zat gizi makro, vitamin, mineral, dan antioksidan, terlebih, gandum sendiri juga mengandung serat larut air yang disebut beta glucan, dimana, serat ini berguna untuk membantu mengontrol gula darah dan kolesterol serta memperkuat daya tahan tubuh, khususnya pada anak.

Tempe, Makanan Sederhana yang Bergizi

  1. Kacang polong

 

Makanan kaya serat untuk pencernaan lainnya juga terdapat pada kacang polong, pasalnya, kandungan serat yang terdapat didalamnya terbilang cukup tinggi, yaitu sekitar 8,3 gram per 100 gram kacang polong matang, adapun, kacang polong tersebut juga mengandung protein, vitamin, dan mineral.

 

  1. Kacang lentil

 

Lentil adalah jenis kacang kaya protein yang dikeringkan dan dimasak sebelum dikonsumsi, pasalnya, selain mengandung protein, kacang lentil juga kaya akan serat yang terkandung didalamnya, dimana, dalam 100 gram kacang lentil matang memiliki kandungan 7,3 gram serat atau setara dengan 24,3% kebutuhan serat harian orang dewasa, terlebih lagi, selain kaya serat dan protein, kacang ini juga mengandung zat gizi lain seperti vitamin B1, B9, mangan, dan fosfor.

 

  1. Buah pir

 

Pir merupakan buah dengan kandungan air yang tinggi dan rasa yang segar, selain ditunjang dengan kandungan nutrisi yang ada didalamnya, buah pir juga banyak mengandung serat tinggi, adapun, dalam satu buah pir ukuran kecil saja mengandung 5,5, gram, adapun, kandungan serat yang terdapat dalam buah pir setara dengan 20% kebutuhan serat harian, mengingat, buah pir juga mengandung serat yang disebut pektin yang berguna untuk melancarkan buang air besar dan mendukung pertumbuhan bakteri di usus.

 

  1. Buah alpukat

 

Buah alpukat merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung serat tinggi, dimana, dalam setiap 100 gram buah alpukat diketahui mengandung 6,7 gram serat atau setara dengan 22% kebutuhan serat harian orang dewasa, dan tak hanya itu saja, alpukat juga mengandung lemak yang tinggi, mengingat, alpukat itu sendiri juga mengandung vitamin B kompleks, C, E, dan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan.

 

  1. Raspberry

 

Raspberry merupakan makanan tinggi serat yang berasal dari kelompok buah berry, dengan mengonsumsi 100 gram buah raspberry diketahui mampu mencukupi kebutuhan akan serat sekitar 21,6% karena serat yang terkandung didalamnya sekitar 6,5 gram, adapun, buah ini memiliki aroma yang kuat dengan kandungan vitamin C dan mangan yang cukup tinggi, mengingat, raspberry juga mengandung antioksidan yang berguna untuk melindungi sel tubuh dan menangkal radikal bebas.

 

  1. Biji chia

 

Makanan yang kaya akan kandungan serat yang baik untuk diet lainnya terdapat juga pada biji chia, dengan mengonsumsi biji chia dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan tubuh, pasalnya, biji chia sendiri memiliki kandungan nutrisi yang beragam mulai dari serat, protein, lemak, kalsium, fosfor, dan mangan, dan diketahui pula, jika kandungan serat yang terkandung didalamnya cukup tinggi, adapun, dalam 100 gram biji chia diketahui mengandung 34,4 gram serat atau stara dengan 114% kebutuhan serat harian untuk orang dewasa.

Manfaat Makanan Tinggi Serat untuk Kesehatan

 

Makanan yang kaya akan kandungan serat memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, berikut ini beberapa manfaat serat untuk tubuh.

 

  1. Mengurangi lemak di perut

 

Serat larut yang sudah membentuk gel diketahui bisa memperlambat penyerapan zat gizi pada makanan, termasuk lemak. Berbagai penelitian juga menyebutkan bahwa serat berguna untuk megurangi lemak di perut. Sehingga makanan dengan kandungan serat tinggi sangat cocok untuk orang yang sedang menjalankan program diet.

Minyak Nabati Menjadi Pemicu Utama Sejumlah Masalah Kesehatan, Benarkah Anggapan Tersebut?

  1. Memberikan rasa kenyang lebih lama

 

Sejumlah penelitian juga menyebutkan bahwa serat larut bisa menurunkan hormon lapar di dalam usus, mengingat, Serat itu sendiripun diketahui bisa memperlambat pergerakan makanan dalam usus, hal tersebutlah yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga, dengan mengonsumsi makanan berserat kita bisa mengurangi porsi makan.

 

  1. Menambah bakteri baik dalam tubuh

 

Manfaat makanan tinggi serat lainnya yaitu untuk menambah bakteri baik dalam usus. Bakteri baik diketahui berguna untuk mempercepat proses pembakaran lemak dan mengurangi penyimpanan lemak.

Sederet-Makanan-Tinggi-Serat-yang-Berguna-untuk-Tubuh
Sederet-Makanan-Tinggi-Serat-yang-Berguna-untuk-Tubuh
  1. Mengontrol kolesterol

 

Serat larut diketahui bisa menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida, dimana, kadar kolesterol yang normal berguna untuk menjaga berat badan dan membuat tubuh lebih sehat.

 

Itulah sedikit penjelasan mengenai beberapa jenis makanan yang kaya akan serat yang berguna untuk tubuh, semoga, dari ringkasnya penjelasan tadi dapat menjadikan kita semua untuk bisa menjaga pola hidup yang sehat yang akan berdampak pada kehidupan. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply