Kuliner

Bagaimana Kriteria Makanan Sehat Dan Bergizi

Jakarta, cepatNET.com – Makanan yang sehat adalah makanan yang banyak mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh manusia agar tetap sehat sehingga mampu menjaga proses tumbuh kembang tubuh secara optimal.

Pola hidup sehat selalu dikaitkan dengan rajin mengonsumsi makanan yang bergizi, oleh karena, pola makan yang sehat mampu menunjang tercapainya bobot badan yang ideal, pasalnya, mengonsumsi makanan sehat juga mampu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, kardiovaskular dan jenis kanker lainnya, dengan kata lain, mengonsumsi makanan bergizi tak hanya meningkatkan kesehatan fisik, tetapi juga dapat mempengarusi suasana hati.

Kriteria makanan sehat dan bergizi yaitu makanan yang memiliki nilai gizi seimbang dan mengandung nilai gizi yang sangat esensial bagi tubuh, seperti vitamin, mineral, karbohidrat, protein, lemak,kalsium, serat dan air, adapun, pola makan yang sehat tidak perlu menghilangkan makanan-makanan yang disukai ataupun makanan tertentu dari program diet, tetapi hanya perlu memilih opsi paling sehat dari setiap kategori, karena sejatinya itu semua dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut kriteria makanan sehat dan bergizi yang sangat baik untuk dikonsumsi:

  1. Karbohidrat

Kandungan karbohidrat bisa kita dapatkan dari beragam jenis makanan, seperti halnya kentang, ubi, gandum, beras merah dan jagung. Asupan karbohidrat harus diperhatikan karena 60 persen dari asupan kalori adalah karbohidrat yang juga merupakan sumber energi utama tubuh manusia.

  1. Kalsium

Asupan kalsium yang tidak memadai dapat menyebabkan tidak hanya osteoporosis, tetapi juga kecemasan, depresi, dan insomnia, yang bisa kalian cegah dengan rutin mengonsumsi keju, yogurt, almond, dan tahu, mengingat, beberapa jenis makanan itu tersebut tadi adalah makanan yang mengandung kalsium.

  1. Protein

Tubuh manusia membutuhkan asupan protein 10-15% dari asupan protein harian, dan adapun, sumber protein yang dapat dikonsumsi cukup beragam, baik protein nabati ataupun protein hewani, yang mana, kesemuanya itu bisa didapat dari mengonsumsi telur, ikan, daging ayam, bebek, gandum, kacang almond dan kacang kedelai, dan, protein yang nantinya masuk ke dalam tubuh akan diproses menjadi asam amino yang berfungsi membangun otot, organ tubuh, kulit dan rambut, adapun,  fungsi hormon juga diatur oleh protein.

  1. Vitamin

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin sangatlah dibutuhkan, dan cara mendapatkannya pun bisa didapatkan dari setiap makanan yang dikonsumsi setiap hari. Vitamin merupakan kandungan penting yang terdapat dalam makanan, akan tetapi bisa saja hilang apabila dimasak terlalu lama, mengingat, vitamin memegang peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh, oleh karena itu, untuk mencegah hilangnya kandungan vitamin, pilihlah makanan yang mudah diolah dengan cara dikukus, direbus atau ditumis seperti wortel, minyak ikan, bayam, brokoli, jeruk, alpukat, kacang panjang, daging sapi, dan ayam.

  1. Serat

Makan makanan berserat tinggi seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan juga kacang-kacangan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes, pasalnya, makanan yang mengandung serat tidak hanya baik untuk kulit, tetapi juga membantu menurunkan berat badan.

  1. Lemak

Lemak terbagi menjadi dua, yaitu lemak jenuh yang bisa didapat dari mengonsumsi daging, minyak kelapa dan susu, lalu lemak tak jenuh berasal bisa didapat dari mengonsumsi ikan, alpukat, dan kacang-kacangan, yang kesemuanya itu adalah sumber energi yang baik dan dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, asalkan dikonsumsi dengan jumlah yang cukup dan tidak berlebihan agar tidak terjadi obesitas akibat adanya penambahan kalori yang berlebih ke dalam tubuh.

  1. Mineral

Mineral adalah zat yang ditemukan di tanah dan dicerna dari makanan, oleh karena itu, kita dapat mengekstrak mineral dari sumber tumbuhan dan hewan, dalam hal ini, kalian bisa mendapatkannya dari bermacam sayuran hijau, alpukat, kacang brazil, sarden, udang merah, dan kalkun, mengingat, kandungan mineral yang harus ada dalam tubuh, seperti zat besi, seng, kalsium, selenium, klorida, kalium, yodium, magnesium dan tembaga.

Pola dan gaya hidup modern cukup berpengaruh terhadap perubahan pola makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Makanan cepat saji cenderung lebih disukai karena dianggap lebih praktis saat dimasak dan dikonsumsi. Pada hakikatnya tidak semua makanan cepat saji memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, jaga pola makan dan asupan gizi agar tubuh tidak kekurangan nutrisi. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply