Hiburan

Aransemen, Arti, dan Jenisnya

 

Jakarta, cepatNET.com – Kata aransemen pastinya sudah sering kalian dengar, apalagi jika pembahasan tersebut menyangkut soal musik, aransemen itu sendiri adalah bentuk penyesuaian komposisi musik dengan jenis suara dari seorang penyanyi ataupun dengan instrument lain, sehingga membuat karya musik tersebut menjadi lebih indah dan lebih enak didengar yang berbeda dari sebelumnya.

 

Seorang musisi biasanya melakukan aransemen terhadap sebuah karya demi mendapatkan hasil yang lebih baik, adapun, kata aransemen sendiri diambil dari Bahasa Belanda dan Bahasa Inggris, yakni arrangement, yang memiliki arti seperti apa yang sudah dijelaskan diawal tadi yaitu penyesuaian komposisi musik dengan jenis suara penyanyi atau instrumen lain yang didasarkan pada sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musiknya tidak berubah.

 

Ada pula anggapan lain yang menyatakan, bahwa aransemen itu sendiri memiliki arti usaha yang dilakukan terhadap sebuah karya musik untuk suatu pertunjukan yang pengerjaannya bukan sekadar perluasan teknis, tetapi juga menyangkut pencapaian nilai artistik yang dikandungnya, dan adapun itu, sebutan untuk orang yang biasa mengaransemen biasa disebut juga sebagai arranger, yang mana, arranger tersebut biasanya memiliki pengetahuan yang luas tentang harmoni dalam musik sehingga bisa meramu komposisi sebuah musik menjadi lebih indah.

 

3 Macam Jenis Aransemen

 

Aransemen Vokal

 

Aransemen vokal merupakan jenis aransemen yang paling mudah dibuat dan ditetapkan pada sebuah karya, yang mana, jenis aransemen semacam iniakan membagi suara vokal dalam sebuah lagu menjadi dua hingga empat tingkatan.

 

Aransemen instrumen

 

Berbeda dengan aransemen vokal, penyusunan aransemen instrumen tentunya harus pula disesuaikan dengan alat-alat musik yang nantinya akan digunakan dalam karya tersebut, alhasil,semakin lengkap alat musik yang digunakan, maka semakin banyak pula kemungkinan variasi yang bisa diciptakan,meskipun begitu, penyusunan atas aransemen instrumen ini sangat berpedoman pada pengetahun ilmu harmoni dan akord, pasalnya, nada-nada yang diaransemen tersebut harus tetap bisa masuk dalam harmoni utama dalam lagunya.

 

Aransemen campuran

 

Aransemen campuran adalah jenis aransemen yang menggabungkan aransemen pada bagian vokal dan instrument, umumnya teknik aransemen campuran adalah gabungan dari aransemen vokal dan instrument, bedanya, aransemen campuran membuat hasil yang telah diolah dari bagian vokal dan instrumen menyatu dengan seimbang, padahal, dalam aransemen vokal, bagian vokal sengaja diubah untuk menjadi lebih menonjol, begitupun hal nya dengan apa yang dilakukan untuk instrumen dalam aransemen instrumen.

Ada enam hal yang dapat kalian perhatikan dalam proses mengaransemen sebuah lagu, keenam hal tersebut meliputi:

 

  1. Memahami latar belakang komponis serta makna dari teks lagu tersebut.
  2. Melakukan analisis bentuk dan struktur lagu yang nantinya akan diaransemen, dan memahami unsur-unsur musiknya.
  3. Pengetahuan tentang instrument musik yang dipilih.
  4. Bentuk aransemen musik.
  5. Penggunaan teknik dalam mengolah unsur-unsur musik pada lagu yang nantinya akan diaransemen.
  6. Penulisan notasi.

 

Itulah sedikit penjelasan yang dapat kami berikan terkait aransemen lengkap dengan pengertian dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply