Edukasi

Algoritma Adalah, Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

Jakarta, cepatNET.com – Algoritma dapat digunakan tidak hanya untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada perangkat komputer semata, namun juga untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang membutuhkan serangkaian proses.

Ketika kita membaca atau mendengar kata “algoritma” tak sedikit dari kita yang memiliki anggapan bahwa kata tersebut berkaitan dengan bahasa pemrograman, ilmu komputer atau matematika, tak ada salahnya jika kalian berasumsi seperti itu, tetapi, apa sebenarnya arti algoritma itu?

Simak baik-baik sedikit penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan algoritma tadi di bawah ini.

Pengertian Algoritma

Algoritma merupakan cara atau langkah-langkah yang disusun dengan secara teratur dan berurutan guna memecahkan atau menyelesaikan masalah melalui instruksi atau tindakan.

Dampak dari semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan setiap manusia kemampuan untuk menghasilkan karya yang semakin canggih dan kompleks.

Meski pada umumnya komputer dapat melakukan perhitungan dengan cepat dibandingkan manusia, komputer sendiri tidak dapat memecahkan masalah dengan cara yang sama tanpa adanya campur tangan manusia bagaimana mengajari mereka langkah-langkah yang telah ditentukan sebelumnya (algoritma).

Algoritma dapat digunakan tidak saja hanya untuk menyelesaikan masalah komputer, tetapi juga dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang membutuhkan beberapa cara atau langkah dalam pengerjaannya tersebut, dan agar nantinya kalian semakin paham, ada baiknya bagi kalian untuk menyimak penjelasan mengenai hal tersebut dibawah ini.

Ciri-ciri Algoritma

Disebutkan, jika sebuah algoritma harus memiliki lima sifat penting yang antara satu dengan lainnya saling terhubung, adapun, kriteria untuk algoritma yang semacam ini meliputi::

  1. Batasan

Algoritma harus berhenti ketika telah menyelesaikan sejumlah langkah, yaitu. H. yang merupakan tujuan akhir yang harus dicapai, maka, dapat dipastikan program akan langsung terhenti saat tujuan akhir telah tercapai, pasalnya, sebuah program yang tidak pernah berhenti menunjukkan jika program tersebut mengandung algoritma yang salah.

  1. Definisi (Keamanan)

Setiap langkah harus didefinisikan dengan baik dan tanpa keraguan, arahan yang jelas dan tidak ambigu, sehingga tidak ada kesalahan dalam keluarannya.

  1. Entrance (pintu masuk)

Proses pemidahan tersebut merupakan masalah yang perlu dihadapi dan dicari solusinya, algoritma ini memiliki nol atau lebih masukan, yang merupakan himpunan yang diberikan kepada algoritma untuk diproses.

  1. Keberangkatan

Algoritma memiliki nilai output nol atau lebih, adapun, hasilnya tersebut harus menjadi jalan keluar atau penyelesaian masalah dari permasalahan tersebut, yang mana, hasilnya tersebut bisa saja berupa pesan atau kumpulan yang terkait dengan input.

  1. Kinerja (efisiensi)

Algoritme harus dapat melakukan pekerjaan dengan tepat, setiap urutan atau langkah harus sesederhana mungkin sehingga dapat diselesaikan dalam waktu yang wajar.

Jenis-jenis Algoritma

  1. Algoritma Sekuensial

Algoritma sekuensial adalah algoritma yang langkah-langkahnya berurutan dari awal sampai akhir, yang mana, proses demi proses tersebut dapat diselesaikan secara berurutan dari atas ke bawah.

  1. Algoritma perulangan

Algoritma perulangan adalah suatu algoritma yang menjalankan beberapa langkah tertentu secara berulang-ulang atau looping, adapun, masalah yang dihadapi juga memiliki proses yang perlu diulang.

  1. Algoritma cabang atau kondisional

Algoritma kondisional adalah algoritma yang mengambil langkah selanjutnya ketika ada syarat yang dapat dipenuhi.

Fungsi dan Manfaat Algoritma

Pada umumnya, algoritma memiliki fungsi dan manfaat untuk memecahkan suatu masalah, dan secara lebih spesifik beberapa fungsi dan kelebihan dari algoritma tersebut adalah sebagai berikut:

  • Memfasilitasi penyederhanaan program yang kompleks dan besar.
  • Untuk memudahkan membuat program untuk masalah tertentu.
  • Kita dapat menggunakan algoritma beberapa kali untuk memecahkan masalah lain.
  • Membantu memecahkan masalah secara logis dan sistematis.
  • Untuk meminimalkan penulisan program yang berulang.
  • Agar dapat melakukan pendekatan top-down dan divide and conquer.
  • Untuk memudahkan membuat program yang lebih jelas dan terstruktur sehingga lebih mudah dipahami dan dikembangkan.
  • Mempermudah proses editing program karena kita bisa melakukannya dalam satu modul saja tanpa harus mengubah modul lainnya.
  • Jika terjadi kesalahan, algoritma dapat membantu menemukannya berkat alur kerja yang jelas.
  • Proses dokumentasi sederhana.

Semoga dari apa yang sudah dijelaskan secara singkat mengenai pengertian, ciri-ciri, jenis, fungsi serta manfaat dari algoritma seperti apa yang ada diatas tadi dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terhadap semua perkembangan teknologi yang semakin melaju pesat. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply