EdukasiSains dan Teknologi

Pengertian dan Bentuk Penyimpanan Data

Jakarta, cepatNET.com – Segala bentuk perubahan yang terjadi merupakan dampak dari sebab akibat yang timbul seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, maka itu, tak heran rasanya jika kita menemukan banyak perubahan yang sangat bermakna yang dapat kita jumpai pada berbagai macam perangkat elektronik, terutama sekali pada media tempat penyimpanan data yang memiliki peranan penting dalam menjaga berbagai macam data agar tidak hilang.

Bentuk penyimpanan data ada bermacam-macam. Apa saja?

Bisa dibilang, teknologi penyimpanan data sudah sejak lama digunakan oleh orang-orang terdahulu kita, pasalnya, hal seperti itu sudah pula dilakukan oleh nenek moyang kita yang memanfaatkan batu sebagai media untuk menyimpan data, seperti yang bisa kita lihat pada ukiran-ukiran atau pahatan-pahatan yang terdapat pada batu-batu peninggalan masa praaksara dulu, dan untuk saat ini, penyimpanan yang dilakukan merupakan proses menyimpan suatu data di dalam suatu komputer atau suatu media seperti Hard disk, Flash disk, CD dan lain-lain yang bertujuan untuk menjaga data tersebut agar tidak hilang ketika akan dibuka dan diproses kembali di waktu yang akan datang.

Berdasarkan jenis datanya, metode penyimpanannya dapat diklasifikasikan menjadi dua bentuk, yaitu penyimpanan data analog dan penyimpanan data digital.

Penyimpanan Data Analog

Metode penyimpanan data yang pertama adalah penyimpanan data analog, adapun, metode yang semacam ini merupakan proses penyimpanan atau perekam suatu data analog (analog recording), sedikitnya ada dua jenis media yang bisa dijadikan sebagai sarana penyimpanan data analog tersebut, diantaranya kaset pita magnetik dan piringan hitam, seperti apa proses penyimpanannya?

  1. Metode perekaman Pada Pita Kaset

 

Pita kaset (tape recorder) dapat menyimpan informasi berupa suara dan musik, yang mana, di dalam kaset tersebut terdapat pita plastik yang sudah dilapisi dengan serbuk oksidasi besi yang berfungsi juga sebagai magnet kecil, alhasil, ketika kaset tersebut diputar, perubahan medan magnetik pada pita kaset akan dikonversi menjadi tegangan listrik oleh head pemutar, adapun, tegangan ini diperkuat oleh amplifier lalu dilanjutkan pada loudspeaker dan dikonversi menjadi suara.

 

  1. Metode Perekaman Melalui Piringan Hitam

 

Piringan hitam melakukan perekaman analog dengan memanfaatkan sensitivitas terhadap perubahan tekanan udara dari diafragma mikrofon, perubahan tekanan udara dikonversi menjadi getaran jarum yang menggores membentuk alur pada piringan.

 

Saat dimainkan piringan hitam berputar dengan kecepatan konstan yaitu sekitar 45 rpm dan jarum yang dipasang di tepi piringan hitam akan mengikuti alur pada piringan sambil bergetar dan menghasilkan bunyi.

Penyimpanan Data Digital

Sedangkan yang dimaksud dengan penyimpanan data digital itu sendiri adalah proses penyimpanan suatu data dalam bentuk digital yang berupa kode digit atau angka, sekurangnya terdapat tiga macam media penyimpanan data digital yang secara singkat akan dijelaskan seperti dibawah ini.

  1. Hard Disk

 

Hardisk merupakan media penyimpanan data di dalam komputer, dimana, yang menjadi salah satu bagian paling penting dalam sebuah hardisk adalah cakram magnetik yang dibungkus dengan lapisan logam tipis, adapun, selain keberadaan hardisk internal di dalam komputer terdapat hardisk eksternal yang dapat digunakan sebagai media penyimpanan.

 

  1. Flashdisk

 

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan data digital eksternal, yang mana, flashdisk memiliki IC atau chip memori yang berperan dalam penyimpanan data, sementara, chip memori dalam flashdisk menggunakan gerbang logika NAND dalam penyimpanan data.

 

  1. Cakram Optik

 

Cakram optik merupakan media penyimpanan data berbentuk cakram tipis yang menggunakan teknologi laser dalam penulisan datanya, yang mana, CD (compact disc), DVD (digital video disc), dan BD (bluray disc) merupakan contoh dari cakram optik, adapun, proses penyimpanan data dilakukan dengan memanfaatkan berkas laser sehingga data dikonversi secara optik pada lapisan fotosensitif dalam cakram.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian dan juga bentuk yang digunakan sebagai media penyimpanan data. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply