Hiburan

Pantomim, konsep, dan teknik gerak dasarnya!

Jakarta, cepatNET.com – Pantomim merupakan pertunjukan teater dengan menggunakan gerak badan dan ekspresi wajah yang kerap pula diiringi oleh suara alunan musik, adapun, pantomim dilakukan dengan tidak menggunakan adanya kata-kata atau dialog.

 

Pantomim adalah seni pertunjukan drama tanpa harus mengeluarkan kata-kata, melainkan dimainkan dengan gerak dan ekspresi wajah, yang tak jarang pula dimainkan bersama musik, dalam bahasa Latin, pantomim disebut dengan kata “pantomimus” yang berarti, meniru segala sesuatu, dan dalam hal ini, pantomim merupakan pertunjukan dengan menggunakan gerakan tubuh dan ekspresi wajah sebagai dialognya, adapun, gerakan-gerakan yang ditampilkan dalam pertunjukan pantomim itu sendiri dilakukan seolah memang benar-benar sedang terjadi (nyata).

 

Pertunjukan pantomim biasanya dikemas dalam sajian yang bersifat lucu, jenaka, dan pastinya menghibur, terlebih lagi, gerakan komikalnya, yaitu gerakan lucu, pertunjukan pantomim sendiri umumnya dapat dilakukan oleh 1 orang pemain ataupun lebih, yang mana, konsep dari sebuah pertunjukan pantomim itu sendiri pada umumnya berupa cerita ataupun tahapan adegan yang ditulis dalam sebuah naskah secara tersusun dan berhubungan dengan rangkaian penampilan dalam pertunjukan.

 

Penyusunan naskah pantomim dapat dilakukan dengan bersumber dari kepekaan sosial, kreatifitas, dan intensitas apresiasi pantomim. Naskah pantomim dapat dinikmati atau diapresiasi dari struktur cerita, alur adegan, maupun pola interaksi yang dilakukan sendiri oleh pemainnya, sementara, struktur atau susunan yang membangun sebuah naskah pantomim, yaitu judul, tema, penokohan, dan alur cerita.

 

Teknik Gerak Dasar Pantomim

 

Terdapat beberapa teknik dan metode yang dilakukan dalam mendalami pantomime, selain itu, ada dua hal penting yang harus pula kalian lakukan Ketika mempelajari pantomim, yaitu latihan olah tubuh dan latihan ekspresi wajah, dan adapun yang termasuk kedalam metode latihan olah tubuh meliputi pelenturan tubuh (stretching), pemanasan (warming up), dan pendinginan (cooling down), adapun, keutamaan dari tahap pelenturan tubuh tadi adalah untuk melenturkan persendian tubuh dan urat-urat sendi seperti kaki, pinggang, pinggul tangan, bahu, dan bagian-bagian kepala,

 

 

  1. Bagian Kepala

 

Lakukan olah bagian kepala dengan gerakan ke kanan, kiri, depan, dan belakang secara teratur dan kontinu. Latihan tersebut, akan memberikan rasa ringan terhadap otot-otot kepala.

 

  1. Bagian Tangan

 

Bagian tangan bagi pemain pantomim bersifat penting, karena berguna dalam melakukan gerakan-gerakan imajinatif, latihan pada bagian tangan dapat dilakukan dengan meluruskan ke atas, samping, dan depan, kemudian, telapak tangan juga dapat diputar dan dilentikkan jari-jari tangannya, adapun manfaat dari latihan gerakan bagian tangan, yaitu untuk mengolah persendirian, kekuatan otot, dan kelenturan otot-otot tangan.

 

  1. Bagian Badan

 

Latihan yang dilakukan pada bagian badan meliputi seputar bagian perut, dada, dan punggung, yang mana, cara tersebut memiliki peran yang penting bagi tubuh pemain pantomim karena memberikan efek sikap tubuh yang baik dalam melakukan sebuah peran, teknik latihan pada bagian badan dapat dilakukan dengan menggerakan dan melenturkan dengan posisi membungkuk.

 

  1. Bagian Pinggul

 

Latihan bagian pinggul juga bersifat penting dalam mendukung gerakan tubuh supaya lebih lentur dan fleksibel, adapun, latihan semacam ini dapat dilakukan dengan menggerakkan pinggul ke samping, depan, dan membungkuk.

 

  1. Bagian Kaki

 

Latihan bagian kaki juga dianggap penting bagi pemain pantomime, oleh karena, latihan yang semacam itu mampu melatih keseimbangan badan, kalian bisa melakukan latihan ini dengan cara mengangkat salah satu kaki kalian, sementara, kaki yang lain dijadikan sebagai tumpuan.

 

Itulah sedikit penjelasan mengenai konsep dan teknik gerak dasar yang ada pada pantomin, semoga dari ringkasnya penjelasan diatas tadi dapat memberikan manfaat yang nantinya bisa dirasakan bersama-sama hasilnya.

 

Leave a Reply