Properti

Renovasi Rumah, dan Waktu yang Tepat untuk Melakukannya!

Jakarta, cepatNET.com-Renovasi rumah merupakan salah satu cara yang harus dilakukan sebagai satu-satunya cara memelihara tempat tinggal kita setelah didiami selama beberapa waktu, adapun, bentuk ataupun cara untuk memperbaiki tempat tinggal pastinya sangat bervariasi, mulai dari perbaikan skala kecil seperti hanya sekedar mengecat dinding sampai dengan membongkar fondasi dan membangunnya kembali.

Renovasi yang nantinya akan kalian lakukan tentunya bertujuan agar nantinya para penghuni rumah tersebut akan semakin merasa lebih nyaman lagi menempati tempat tinggalnya tersebut, kendati bisa dibilang jika merenovasi rumah tergantung pada selera dan kebutuhan dari sang pemilik rumah, namun nyatanya, renovasi tersebut tidak boleh dilakukan sembarang waktu.

Seperti yang baru saja dikatakan di awal tadi, bahwa, merenovasi rumah tidak bisa dilakukan sembarang waktu, dan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal pada pekerjaan kita nantinya, alangkah ada baiknya bagi kalian memperhatikan waktu yang tepat untuk merenovasi tempat tinggal kalian.

Dibawah ini sedikit penjelasan mengenai waktu yang tepat saat hendak merenovasi tempat tinggal kalian..

  1. Timbul tanda-tanda kerusakan

Terkadang masih sering kita jumpai pemilik rumah yang melakukan renovasi rumahnya pada saat bangunannya sudah banyak mengalami kerusakan, seperti plafon yang berlubang, indikasi akan adanya masalah pada sebuah bangunan bisa dilihat dan tentunya bisa dengan segera kita tangani, seperti atap yang bocor misalnya, bisa kalian ketahui dari rembesan air pada dinding saat hujan turun.

Bilamana hal tersebut terlalu lama dibiarkan, maka, celah yang berada di atap tersebut akan semakin membesar dan membuat air yang masuk lebih kedalam celah-celah tersebut lebih deras lagi, hingga pada akhirnya malah akan merusak bagian yang lain, jadi, semakin cepat kalian menyadari ada kerusakan pada banguna tempat kalian tinggal, maka, akan semakin mudah dan ringan biaya yang nantinya akan kalian keluarkan.

Bukan tidak mungkin, semakin tua usia bangunan tentunya memerlukan juga perawatan yang berkala, seperti memberi lapisan ulang pada dinding rumah, penggantian keramik, dan pengecekan pada talang air, dengan begitu kalian akan merasa sedikit lebih tenang manakala kalian hendak meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama.

  1. Membutuhkan ruang yang lebih luas

Terdapat banyak faktor yang membuat kalian membutuhkan ruang lebih luas lagi di rumah kalian, yang salah satunya mungkin disebabkan oleh dengan bertambahnya anggota keluarga ditempat tinggal kalian, sehingga membuat kalian ingin membuat kamar tidur tambahan, ataupun ruang untuk bermain..

Saat kalian hendak membuka usaha di tempat tinggal kalian, sudah pasti kalian memerlukan ruang lebih untuk kalian gunakan sebagai tempat untuk usaha kalian tersebut, mau tidak mau tentunya kalian harus menyiapkan tempat khusus untuk usaha kalian itu tadi.

Beberapa orang bahkan ada yang memperluas bangunan rumahnya dengan alih-alih sekedar ingin merasakan suasana baru, hal-hal seperti itu tentu bisa kalian persiapkan sejak jauh hari, terutama dalam hal mempersiapkan anggaran agar  tidak terlalu memberatkan.

  1. Saat Akan Menjual atau Membeli Rumah

Renovasi rumah dianggap menjadi salah satu usaha yang bisa meningkatkan harga jual rumah, oleh sebab itu, sebelum kalian berencana untuk menjual properti, ada baiknya melakukan perbaikan bangunan supaya memikat minat pembeli.

Sebagai tips, lakukan renovasi yang sesuai dengan selera pasaran, pilih warna-warna netral untuk cat dinding maupun lantai keramik.

Selain itu, bagi konsumen yang membeli rumah bekas hunian, renovasi rumah juga diperlukan supaya nantinya mereka merasa lebih nyaman menempati hunian tersebut sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Tak jarang pula ada orang yang sengaja membeli rumah tua karena dianggap memiliki harga yang cenderung lebih murah, oleh sebab itu, diadakannya renovasi terhadapat bangunan yang nantinya akan kalian jual tersebut tentu perlu dilakukan sebelum si pembeli menempati rumah.

  1. Saat Memiliki kesiapan finansial

Sebelum kalian hendak melakukan renovasi, alangkah ada baiknya jika kalian telah merencanakan dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, seperti biaya atau anggaran yang nantinya akan kalian keluarkan, agar tidak menjadi sebuah kendala selama masa proses renovasi tersebut, ada baiknya kalian menambahkan sedikit lagi dana tambahan dari anggaran dasar, hal tersebut untuk menutup kemungkinan adanya biaya tambahan akibat mulurnya waktu perenovasian tersebut, oleh sebab, proses renovasi rumah terkadang tidak bisa kita duga, dan seringkali memakan biaya lebih dari apa yang sudah kalian perkirakan di awal perencanaannya.

  1. Faktor perubahan musim

Saat yang tepat untuk renovasi adalah pada saat pertengahan musim antara musim hujan dan musim panas, dikarenakan, pada pertengahan musim tersebut bangunan rumah hasil renovasi akan sangat berkualitas.

Cuaca yang bagus untuk melakukan renovasi yakni tidak sedang dalam keadaan yang selalu panas dan tidak pula dalam keadaan yang selalu hujan sehingga bisa berdampak pada hasil kerja konstruksi.

Bangunan yang dibangun pada musim panas cenderung akan mengalami keretakan pada dinding dan kerap mengalami kebocoran atap, sementara bangunan yang dibangun pada musim hujan cenderung berair dan tidak matang.

 

Leave a Reply