Kuliner

6 Cara Mengolah Makanan, Mana yang Kalian Pilih?

Jakarta, cepatNET.com – Makanan sehat tidak selalu harus didapat melaui proses pemilihan bahan baku makanan yang segar dan bergizi saja, tetapi juga dari bagaimana cara kita mengolah bahan makan tersebut itu tadi, yang mana, kesemuanya prosesnya itu bisa kita lakukan dengan banyak cara, baik itu direbus, dikukus, dibakar, dipanggang, diasap,ditumis, maupun digoreng.

Dari beberapa macam cara  mengolah makanan seperti yang baru saja disebutkan tadi, cara mana yang kalian anggap sehat?

Proses pengolahan makanan yang tepat dan sehat penting sekali untuk diperhatikan, lantaran, sekalipun semua bahan makanan yang kalian gunakan memiliki kualitas yang baik, namun, jika diolah dengan cara yang tidak tepat bisa mempengaruhi kandungan gizi yang terdapat didalamnya..

Contohnya, banyak orang mengira jika metode pengolahan makanan dengan cara direbus terbilang lebih sehat, namun, apabila proses perebusan bahan makanan tersebut melalui proses yang cukup lama nantinya malah hanya akan menghilangkan kandungan vitamin dan mineralnya, atau mungkin, pada saat Bunda sekalian menggoreng ikan menggunakan minyak yang terlalu panas, alih-alih untuk mendapatkan makanan yang sehat, namun cara yang dilakukannya tersebut ternyata bisa merusak kandungan proteinnya, patut disayangkan bukan?

Jadi agar hasil masakan yang kita olah tersebut memiliki kandungan gizi yang maksimal dan lezat, cara mana yang menurut kalian tepat dalam mengolah makanan untuk mendapatkan hasil yang lebih sehat?

  1. Merebus
    Metode pengolahan makanan lewat proses semacam ini biasanya untuk sayuran seperti bayam, brokoli, jagung, wortel, sayuran yang mengandung vitamin C cenderung mudah larut dalam air dan sensitif terhadap panas, alhasil, jika sayuran tersebut direbus dalam jangka waktu yang terlalu lama dan suhu terlalu panas, maka, akan menghilangkan kandungan vitaminnya hingga 50 persen.

Adapun, tips atau cara merebus sayuran yang tepat adalah dengan memasukkan sayuran tersebut bilamana air yang kita rebus tadi benar-benar sudah mendidih, masukan sayuran tersebut hanya sampai setengah matang saja dan sayuran telah berubah warna, hindari memotong sayuran terlalu kecil agar tidak mudah hancur dan kandungan vitaminnya larut.

  1. Mengukus
    Teknik mengolah bahan makanan dengan cara seperti ini banyak direkomendasikan oleh pakar Kesehatan, oleh karena, nutrisi dari bahan makanan terbut akan lebih terjaga, berbagai bahan makanan bisa dikukus, seperti sayuran, umbi-umbian, biji-bijian, kacang-kacangan, daging, ikan, seafood. Tekstur makanan yang dikukus biasanya akan terasa lebih segar dan renyah.

Kekurangannya, rasa makanan akan lebih hambar, namun kalian bisa menyiasatinya dengan menaburkan sedikit bumbu masakan, seperti garam dan lada agar rasanya lebih enak, yang lebih penting lagi, saat mengukus tutup rapat wadah kukusan sehingga uap tidak keluar dan dapat mematangkan makanan dengan sempurna.

  1. Menggoreng
    Teknik mengolah bahan makan dengan cara ini merupakan salah satu teknik mengolah makanan yang paling banyak disukai, siapa sih yang tak suka makanan yang digoreng? mulai dari camilan, lauk pendamping hingga makanan utama semua bisa diolah dengan cara digoreng, tekstur makanan yang digoreng memang lebih renyah, rasanya lebih gurih, dan cara membuatnya pun jauh lebih praktis.

Beberapa tips yang harus kaian lakukan saat menggoreng, yang pertama, pastikan suhu minyak tidak terlalu panas, lalu, gunakan minyak goreng berkualitas dan sebaiknya tidak dipakai lebih dari tiga kali, hindari menggoreng bahan makanan yang sudah terlalu sering digunakan, minyak goreng yang sudah terlalu sering digunakan untuk menggoreng pastinya akan mengalami perubahan warna dan aroma sehingga tidak layak digunakan.

  1. Dibakar
    Aroma khas dari makanan yang dibakar (griddle/grill) sangat khas dan lezat, namun sayangnya, banyak orang tidak menyarankan teknik memasak ini karena proses pembakaran menghasilkan zat kimia yang dapat memicu terjadinya peradangan, hipertensi, jantung hingga risiko kanker, itu semua disebabkan oleh kandungan vitamin B yang terkandung pada makanan yang dibakar akan hilang saat dibakar.
  2. Dipanggang
    Tehnik mengolah masakan dengan cara dipanggang dianggap sebagai salah satu metode memasak yang sehat, namun ternyata suhu pemanggangan yang tinggi dapat menyebabkan kandungan nutrisi pada bahan makanan menjadi sedikit berkurang.
  3. Diasap
    Pengasapan merupakan salah satu teknik yang dipakai dalam pengolahan bahan makanan, yang mana, cara seperti ini biasanya dilakukan pada ikan atau daging, makanan diasap dmelalui panas yang dihasilkan dari pembakaran kayu, dan biasanya sebelum diasap bahan makanan tersebut terlebih dahulu dibumbui, sehingga aroma dan rasa makanan menjadi sangat khas, namun, yang perlu diperhatikan adalah tempat pengasapan harus di tempat yang higienis.
  4. Ditumis
    Menumis adalah teknis memasak dengan menggunakan minyak yang sangat sedikit untuk mematangkan makanan, contoh olahan yang menggunakan teknik ini antara lain, tumis kangkung, cah sayuran, cap cay dan masih banyak lagi jenis bahan makanan yang bisa diolah dengan cara ditumis.

Dari beberapa teknik pengolahan makanan diatas tadi, cara yang seperti apa yang paling kalian sukai?

 

Leave a Reply