BeritaHiburan

4 Genre Musik yang Mendunia. Salah Satunya Pasti Favorit Kalian?

 

Jakarta, cepatNET.com

Sebagai pencinta musik, pastinya kalian sudah tidak tampak asing lagi dengan genre-genre musik yang ada di seluruh bagian dari dunia ini. dan dari sekian banyaknya genre music tersebut, setidaknya ada beberapa jenis atau genre musik yang terkenal dan paling populer sampai saat ini, dan bisa jadi, salah satu dari jenis musik tersebut merupakan salah satu jenis musik yang menjadi favorit kalian selama ini.

Jika begitu,langsung saja kita simak sedikit penjelasan mengenai genre musik apa saja yang paling diminati oleh insan pendengar musik, khususnya di tanah air kita ini.

  1. Pop

Diurutan yang pertama,sedikit akan kita bahas mengenai kepopuleran genre musik pop yang memang tidak pernah ada habisnya, kendati sudah berganti zaman, genre musik yang satu ini  masih saja tetap terus bertahan dan memiliki banyak penikmatnya.

Musik pop pertama kali populer di Amerika Serikat pada tahun 1920, dimana, ditahun tersebut sudah terdapat industri rekaman untuk yang pertama kalinya, yang merupakan penemuan dari Thomas Edison, dimana pada saat itu, jenis musik ini dipakai sebagai pengiring dansa tango yang memiliki tangga nada minor dan nada yang melankolis.

Musik pop cenderung mengadaptasi beberapa unsur dari gaya lain seperti country, latin, rock, dance, urban, genre musik pop ini umumnya dibuat dengan durasi pendek hingga sedang dengan format dasar serta penggunaan pengulangan kata, nada, melodi, dan lainnya.

  1. Rock

Bagi para pencinta musik rock, kalian pastinya suka sekali mendengarkan musik tersebut sambil sesekali mengangguk-anggukan kepala kalian mengikuti alunan nada yang dimainkannya, seperti yang kalian ketahui, musik rock sendiri memang identik dengan suaranya yang hingar bingar, enerjik, dan cadas karena memanfaatkan gitar listrik dengan penggunaan back beat sangat kental sekali pada keyboard, drum, dan bass, musik rock mulai dikenal pada pertengahan tahun 1950-an, cikal bakal musik rock sendiri berasal dari musik blues, rhythm, serta music country yang sangat populer pada tahun 40-an sampai 50-an.

Pada akhir tahun 60-an sampai pada awal tahun 70-an, musik rock berkembang menjadi beberapa jenis aliran karena bercampur dengan jenis musik lain, seperti halnya folk, yakni blues-rock (perpaduan folk rock dan blues) serta jazz-rock fusion (perpaduan jazz dan rock), dan pada tahun 70-an, berubah menjadi soft rock, heavy metal, glam rock, punk rock, dan lain sebagainya.

  1. R & B

Selain pop dan rock, jenis musik R & B juga masuk dalam salah satu kategori jenis musik yang paling populer di dunia, R & B merupakan singkatan dari Rhythm dan Blues, R & B merupakan musik populer yang terdiri dari beberapa unsur jenis musik misalnya blues, gospel, jazz, pop, funk, musik elektronik, dan lainnya, yang mana, genre musik yang satu ini awal mulanya diperkenalkan kepada dunia oleh musisi asal Afrika-Amerika.

R & B sendiri memiliki gaya musik yang dipoles oleh sentuhan drum mesin, saksofon, dan gaya pengaturan vokal sehingga memberikan nuansa jazz, penyanyi R & B biasanya sering dikenal dengan rapper, hip hop, rapping, dan lainnya.

4 Genre Musik yang Mendunia
4 Genre Musik yang Mendunia
  1. Jazz

Jazz merupakan aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat dan diperkenalkan pada awal abad ke-20. Saat dimainkan, musik jazz biasanya memanfaatkan saksofon, trompet, piano, trombon, dan gitar, unsur paling utama pada genre musik ini adalah shuffle note, sinkopasi, polyrhythms, improvisasi, dan blue notes.

Pada permainan musik jazz, seorang musisi ahli biasanya menafsirkan sebuah lagu dengan caranya sendiri, atau dengan kata lain, mampu mengimprovikasikan permainannya tersebut dengan teknik permainannya sendiri, dengan begitu, tidak akan ada instrumen yang dimainkan dengan cara yang sama.

Itulah beberapa genre musik yang saat ini telah menjadi salah satu jenis musik yang tengah mewabah dikalangan pencinta jenis musiknya itu sendiri. Bagaimana dengan kalian? apakah kalian juga suka mendengarkan semua genre musiknya? atau hanya satu jenis musik saja yang menjadi favorit kalian?

 

 

Leave a Reply